Minggu, 26 Juni 2011

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Pencatatan sistematis dan teratur dalam akuntansi selalu membentuk suatu persamaan atau keseimbangan. Persamaan Akuntansi adalah perangkat yang paling mendasar. Persamaan ini menyajikan jumlah aktiva perusahaan dan jumlah kewajiban serta modal terhadap aktiva tersebut, di mana Aktivaberada di ruas / posisi kiri dari persamaan dan Kewajiban serta Modal berada di ruas / posisi kanan dari persamaan.
  1. Aktiva Adalah sumber ekonomis dari suatu usaha yang di harapkan dapat memberikan keuantungan bagi usaha tersebut di masa yang akan datang. Misal : Kas, perlengkapan, barang dagangan, tanah dan bangunan dan lain – lain. 
  2. Kewajiban Atau “tuntutan dari pihak luar” adalah kewajiban ekonomis berupa hutang atau pinjaman yang harus di bayarkan kepada pihak luar (yang biasa di sebut kreditur).
  3. Modal (Ekuitas Pemilik) Atau “tuntutan dari pihak dalam” adalah tuntutan yang berasal dari pemilik perusahaan karena mereka telah menanamkan modalnya ke dalam usaha.
Jadi,Persamaan akuntansi dapat di gambarkan ……………
Aktiva = Kewajiban + Ekuitas Pemilik (Modal)

Dalam persamaan akuntansi, biasanya penyajian liabilities selalu mendahului capital (modal). Hal ini bukan hanya kebetulan saja, tetapi memiliki makna bahwa kreditor memiliki hak terlebih dulu terhadap asset perusahaan dari pada pemilik perusahaan itu sendiri seandainya perusahaan dilikuidasi (dibubarkan). Dengan demikian, hak pemilik terhadap asset perusahaan dapat dirumuskan dalam persamaan berikut:

Capital = Aktiva - Liabilities
Ini sama jelasnya dengan Sistem Pembukuan Berganda / Sistem kontinental (Double Entry Bookeeping) pada rangkuman ke – 3 di mana :
Harta  = Hutang + Modal
Modal juga berarti jumlah aktiva yang tersisa setelah di kurangi dengan kewajiban – kewajiban.Dengan demikian persamaannya adalah :
Aktiva – Kewajiban = Ekuitas Pemilik (Modal)
Salah satu usaha yang dapat meningkatkan aktiva dan ekuitas pemilik adalah melalui  pendapatan. Pendapatan adalah nilai uang yang diperoleh perusahaan dalam rangka menyediakaan barang dan jasa.
Sedangkan transaksi yang menyebabkan pengurangan terhadap ekuitas pemilik adalah pengambilan pribadi pemilik (Prive) (Jumlah uang yang di ambil pemilik dari entitas usaha untuk keperluan pribadinya) dan beban(biaya perusahaan dalam menjalankan operasinya dan merupakan kebalikan dari pendapatan).

1 komentar:

  1. I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
    nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
    I introduce a Economics student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

    twitter : @profiluii

    BalasHapus